On Fri, Jun 16, 2006 at 08:39:03AM +0700, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> terima kasih banyak semuanya yang udah bantuin..
> ternyata masalahnya ketemu di /var/log/
> log nya kepenuhan di cek pake df ternyata partisi /var nya sudah 100% jadi
> saya hapus yang ga perlu aja..:)

Well, kalau begini saya pernah mengalami, server warnet jadi mampet gara2
ada rekan yg terlalu banyak naruh data webpages di /var/www/htdocs,
akhirnya saya buat symlink untuk direktori htdocs ke partisi lain yg masih
agak kosong.

> btw file yang ga penting di /var tu apa aja selain log???

Kalau yg ndak penting saya ndak tahu :-) ...
Sebenarnya begini, linux itu mempunyai fasilitas yg canggih, pintar2lah kita
mengaturnya, ada logrotated yg akan merotasi log2 secara berkala shg
partisi /var yg biasa dipakai untuk menyimpan file log tdk akan
saturated yg akhirnya akan buat linux jadi mampet. squid sendiri punya
logrotate, anda bisa masukkan cron job ini dg perintah: crontab -e

  00 04 * * 7 /usr/sbin/squid -k logrotate

Maksudnya, setiap hari minggu pukul 04:00, squid (dg asumsi squid terletak
di /usr/sbin/squid) akan logrotate file log2-nya.
Info lanjut man crontab.

Salam,

~yudi