On 6/19/06, Ronny Haryanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
On Mon, Jun 19, 2006 at 12:56:53PM +0700, BaCy wrote:
> NB: Hard disk itu jauh lebih lambat dari memori, jadi kalau kita
> menggunakan swap gede, otomatis akan berpengaruh ke performansi komp
> kita.

Nah ini hati2. Kalo kita membuat partisi/filesystem swap yang besar
TAPI proses swappingnya jarang maka tidak akan berpengaruh ke
performance system karena swapnya jarang diakses.

Ini analoginya mirip seperti salah kaprah yg sering saya jumpai di
pengguna awam: "wah komputer gua kebanyakan file mp3 jadi bikin
lambat".

mungkin maksud dia begini:
Hard disk itu jauh lebih lambat dari memori, jadi kalau utilisasi swap
tinggi, akan berpengaruh ke performansi