-- pesan orisinal --
Subyek: [tanya-jawab] Tanya HandPhone dan PDA yg paling "compatible" dgn Linux
Dari:   Anas Muzakir <[EMAIL PROTECTED]>
Tanggal:                30. September 2006 13.45.39

Dear All,

apakah ada rekan yg punya pengalaman ....
Handphone atau PDA apa yg paling friendly dgn linux ?
maksudnya : dgn software yg ada (misal gnokii) anda bisa melakukan
sinkronisasi data,
dng wvdial anda bisa melakukan dialup connection
kalo boleh tau mereknya apa ?, lalu connect menggunakan apa (kabel, irda
, atau ... ) ?
untuk connection ke internet bagaimana kecepatannya ?
teknologi yg dipakai apakah gsm atau cdma ?

udah ada yg punya pengalama dgn 3G dan linux ?

Terima kasih ,
Anas

Email ini saya kirim dari hp nokia n-gage QD.
kalau di SuSE 10.1 semua HP yg ada kabel datanya bisa terkoneksi dgn baik,
sudah saya coba dgn HP nokia versi N9x dan N6x. Untuk koneksi dari gnokii ke HP
saya belum ngerti makenya :) tapi semua HP pasti bisa kok kan ada perintah HP
untuk SMS dsb yg bisa dikirim dari kompie ke HP.
Kalau masalah PDA cari aja yg iPaq, kan udah ada Linux yg diporting k PDA :).
Untuk bluetooth sendiri saya make bluetooth yg murah2 dan bisa bekerja baik di
Linux, kalau mau ngendaliin bluetoothnya mendingan pake KBluetooth bisa make
buat transfer data, koneksi internet lwat HP dll.

Terima Kasih