On 10/17/06, pingus <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
On 10/17/06, Luqman H <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> setahu saya.. linux itu cuma kernelnya saja yg dipegang sama Linus Torvald
> jadi.. sia2 saja kalo mau di komersilkan.. soalnya source codenya
> sudah tersebar kemana2..
> secara logika khan begitu..

Klo begitu (tolong dikoreksi apabila saya salah) setiap software yang
sudah dilisensikan dengan GPL (seperti hal nya kernel Linux) SANGAT
TIDAK MUNGKIN untuk dirubah lisensinya ke jenis lisensi lain
(misal:yang komersial)?

Atau karena source code-nya sudah tanggung di-publish ke masyarkat
luas? Sehingga tak mungkin dirubah lisensinya?
***Mungkin ini adalah implikasi dari pernyataan/pertanyaan di atas ya?***

lagi2 saya kurang tau ttg masalah lisensi..

btw pemberian lisensi itu per-rilis (versi) atau suatu rilis yang udah
ada bisa diubah lisensinya? misalnya saya ngeluarin program X versi
1.0 dengan lisensi GPL. suatu saat saya berubah pikiran untuk mengubah
program X versi 1.0 saya itu dengan lisensi yang lain. apa ini
tergantung lisensinya ya?

kalo baca2 di http://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_software_licences,
untuk GPL v2 (dipake sama Linux)
* Link from code with a different license = No
* Release changes under a different license = No

mungkin artinya, rilis yang ada itu ngga bisa berubah lisensinya. tp
mungkin tetep bisa aja rilis berikutnya berubah lisensi.

CMIIW

--
Iang-
http://fajran.net y!m: fajran