On Thu, Nov 02, 2006 at 08:39:24AM +0700, Gatra Wikan wrote:

> Blok aja port yang dipakai untuk aplikasi p2p.

Anda tau kan kalo nomor2 port itu bisa diganti sesukanya oleh user?
Protocol seperti bittorrent tidak memiliki suatu nomor port yg
standard maupun alamat server central, jadi gak akan bisa diblok
berdasarkan nomor port atau source/destination addresses yg spesifik.

Yg paling efektif dan lumayan gak bisa diakalin user sepertinya
pilihannya dua ini yg paling populer:

- total traffic shaping: batasi total bandwidth ke users apa pun jenis
  trafficnya, atau

- selective traffic shaping: tandai semua traffic p2p, lalu cekek
  bandwidth (cekek ke 0 atau drop juga bisa) hanya utk traffic yg
  ditandai tsb.

Soal gimana dan di mana implementasinya itu tergantung setup
environment networknya seperti apa. Karena infonya dr si penanya tidak
lengkap ya tidak bisa dikasih cara yg spesifik juga. Minimal kasih tau
layout networknya seperti apa (mungkin pake diagram sederhana), dan
gimana/lewat mana user mengakses internet (bukan cuma http doang).

Ronny