Menyambung pertanyaan pak Welly, Pak sofyan seandainya bisa tanpa menggunakan ip public, bagaimana settingnya dan diagram aplikasinya agar mail server kita bisa melakukan hal itu ? saya juga mempunyai hal yg sama dan seperti yg pak sofyan bilang cuma saya mau mengambilnya/ mail server saya kalo mengambil email dari isp melalui proxy server, gimana setting postfixnya agar bisa pop3 dan smtp nya melalui proxy server ini, karena emang tidak terhubung langsung ke IP Public

[EMAIL PROTECTED] wrote:
Welly wrote:
----- Forwarded Message ----
From: Welly <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, November 29, 2006 1:48:27 PM
Subject: Server posfix berjalan di dalam LAN

Dear All,
Saya ada mail server (posfix) di dalam LAN untuk keperluan smpt & pop3, dan juga saya ada email server di tempat hosting. Bisa tidak mail server mail saya berjalan (smpt & pop3) ? saya udah tanya ke teman2 saya, katanya musti pake IP publik baru bisa jalan.

errr .. coba tanya sama Om arjuna .. dia jagonya kalo hal yg beginian, eniwei kalau saya tidak salah tangkap mungkin kronologi permasalahannya seperti ini :

1. MX dari domain anda di letakan di tempat hosting
2. Anda mempunyai domain yang sama baik itu di mail server lokal maupun di tempat hosting 3. Mail server lokal anda berfungsi sebagai mail server lokal dan juga berfungsi untuk menarik email email yang berada di tempat hosting dan mendistribusikan email tersebut ke masing masing user yang berada di dalam LAN. 4. Mail server anda juga berfungsi sebagai mesin smtp untuk merelay email email yang berasal dari LAN di tempat anda, baik itu untuk ke dalam LAN (user lokal) maupun ke luar.

kalo iya jawabnya bisa dan anda tidak membutuhkan ipPublic