Hi Andi,

Berdasar pengalaman saya mengajar Linux (terutama Fedora) kepada
peserta training yang belum familiar dengan Linux, untuk bisa
ditangkap dengan cepat bahan-bahan pengenalan Linux adalah menggunakan
pendekatan langkah berikut :

1. Langsung instalasi Linux dan jalankan sesuai default.
   Contoh : misalkan Fedora Linux atau Ubuntu, langsung instalasi
menggunakan graphical dan jalankan ke lingkungan X-Windowsnya baik
KDE, Gnome, dsbnya.

2. Mengerti runlevel Linux
   Ini seperti padanan Windows untuk mode command prompt only, safe
mode, dan full mode. Jadi cari tahu mengenai apa itu runlevel Linux
dan langsung praktek aja dengan menggunakan program terminal dan
menjalankan script "init". Script ini digunakan untuk masuk ke
berbagai runlevel tersebut. Dengan praktek ini setidaknya akan memulai
pemahaman dan pencarian knowledge proses inisialisasi sistem di Linux,
apa saja yang dijalankan, terdapat di mana script-script inisialisasi
dan seterusnya.

3. Belajar dasar-dasar command Linux
   Ini untuk memudahkan kontrol kita terhadap Linux. Terutama belajar
cara mencari file, direktori, mencari informasi tentang file, dsbnya.
Untuk text editor yang rumit tapi powerful seperti vim bisa
dikebelangkan. Untuk tahap ini sebaiknya ditemani sebuah buku dasar
Linux yang ok seperti terbitan Andi Offset dengan judul kalau gak
salah "Unix dan Linux"

4. Masuk ke komunitas Linux
   Terutama di milis seperti tanya-jawab@linux.or.id seperti ini dan
juga masuk ke irc channel (server : irc.freenode.net , channel :
#linux, #fedora) dan coba tanya-tanya berbagai hal, biasanya
mendapatkan jawaban yang cukup cepat kok. Kalau bisa onlinenya agak
malaman. Salah satu key pertanyaan adalah kira-kira seperti ini,
"Kalau di Windows saya melakukan hal seperti ini, di Linux bagaimana
ya ?? " :P

Tips yang di atas semoga bisa membantu :) Dan tips saya ini lebih
cocok untuk yang mau belajar secara otodidak, tapi kalau memang bisa
sebaiknya tetap didampingi oleh seorang yang sudah ahli agar learning
curvenya bisa dipersingkat.

Oya.. out of topic, numpang promosi dikit. Apabila ada dari kantor
teman2 ada yang berminat untuk inhouse training Linux (Fedora, CentOS
dan Ubuntu), kebetulan saya menyediakan servis tersebut.  Bisa
menghubungi saya apabila berminta,  saya akan mengshare sebanyak
mungkin yang saya bisa :)

Regards,

Feris
PHI-Integration.com