Hallo, numpang kenalan ya... saya baru-baru ini niat migrasi ke Linux,
sebenarnya ada beberapa pertanyaan yang ini tanyain mengenai Linux
ini. Saya sekarang lagi pakai Mandriva 2006, itupun boleh dapet dari
temen. Pertanyaan saya begini, mohon maap kalo nanyanya banyak:

1. Koq kayaknya KDE 3.4.2 ini lebih cepet ya daripada KDE 3.3? Gimana
kalo KDE (3.6 ya?) yang ada di Mandriva 2007? Apa lebih cepet ato gak
ada perbedaan yang signifikan dari KDE di Mandriva 2006?

2. Disini ada yang jualan Mandriva 2007 kagak? Saya udah cari info
kayaknya 2 DVD ya, wah berarti rumit neh. Anyway, ada orang yang rela
kirimin copyan DVD Mandriva yang baru ke saya?

3. Di nomor 2 saya bilang rumit soalnya saya dapet Mandriva 2006 ini
dalam DVD. Saya harus burn MDK ISO CD soalnya di komputer saya gak
punya CD (hikz..) dan saya harus copy file-filenya ke partisi NTFS
lewat laptop saya yang ada DVDnya.. and singkat kata pokoknya saya
pilih instalasi lewat HDD. Saya mau tanya apa bisa gitu install dari
DVD langsung di laptop, tapi di share lewat Windows XP pake WiFi
802.11G (Ad-Hoc). Saya dah coba waktu install Mandriva 2006, tapi
katanya ada pesannya kayak "No NET Device..." gitu, padahal laptopnya
nyala.
Apa gw harus ngeset HTTP server sendiri? Soalnya kan ada pilihan buat
install lewat HTTP server, jadi kalo pake Apache trus di set
htdocs-nya ke DVD bisa kagak? Ada yang udah pernah coba nginstall
Linux lewat HTTP/FTP server tapi pake DVD kayak gitu gak?

4. Kalau dial-up pakai Linux koq lambat ya? Saya sering coba download
pakai wget koq paling-paling 1.0 KBps gitu, kalau di Windows bisa
sampe 4 - 5 KBPs (walopun kagak sering-sering amat). Emang sih
tergantung servernya sih, saya tes download wallpaper dari 7chan.org
kalau di Windows setidaknya bisa nyampe 4 - 5 KBps (Downloadnya pake
Firefox, right click di gambar trus pilih "Save target link"), tapi
kalau di Linux koq jaraaaaang banget bisa lewat 2KBps. Apa modem di
Linux yang ngaco ya? Soalnya koq beberapa kali saya coba connect gak
ada bedanya, kan males banget download amaroK dengan speed 1 - 2 KBps.
Saya coba-coba cari solusi sendiri, pakai scanModem untuk deteksi merk
modem.. ternyata saya pakai Conexant, trus katanya bisa download di
www.linuxant.com/drivers. Tapi koq kayaknya mesti bayar gitu, males
banget dah.. emang ada yang gratis tapi dibatesin gitu kecepatannya.
Ada yang punya driver full dari www.linuxant.com untuk hsfmodem saya?
Bagi-bagi dong :D, (koq jadi kayak minta bajakan ya?). Ato ada
cara/settingan tersembunyi supaya dial up lebih cepet (sama cepetnya
kayak di Windows)?

5. Modem internal saya koq berisik banget, cara matiin suaranya gimana
ya? Di Windows kan bisa di matiin suaranya supaya gak kedengeran sama
sekali, di Linux gimana ya? Saya udah coba pake tombol "Configure"
dari KPPP (untuk ngedit settingan modem saya --ada di "/dev/modem"),
dan ganti Modem Volume nya ke paling rendah tetep gak bisa juga. Emang
waktu internetnya jalan gak keluar suara, tapi waktu mo mulai dial-up
kok ada suara gitu, dan sering ada suara aneh dari modemnya walopun
lagi gak pake internet. Ada ide?

6. Saya lihat kalau begini kayaknya pakai Linux harus sering-sering
connect ke Internet... download update, cari bantuan, baca-baca,
etc... Disini yang pakai Linux pada pakai koneksi apa? Waktu di Linux
cepet kagak? Lagi bingung nih cari koneksi yang bisa 24 jam tapi
murah, soalnya banyak banget yang mau di download nih.

Sorry kalo saya kebanyakan nanya (inipun belum semuanya), hehe..
maklum mau migrasi ke selatan (lho... ada apa ini?). Kelamaan maen di
Windows, kayaknya lagi mood buat pake Linux. Kalau gak bisa jawab
semua yah gak apa, jawab aja yang bisa ya.. pliz.. :D Semoga suhu-suhu
Linux pada gak keberatan sama nubi yang satu ini.. :D