Harry Wardhana wrote:

>Cuma mau share aja... Saya coba g4l untuk clone HD fresh install mandriva ke
>HDD lain ukuran 80GB lama banget karena setau saya itu copy RAW. Akhirnya
>malahan lebih cepat install sendiri 1 jam selesai, kalo pake g4l bisa
>seharian barangkali...
>
>Jadi ya sampai sekarang paling males kalo ngga terpaksa banget ngeghost linux
>hdd. Mungkin cara saya yang salah jadi lama begitu?
>
>Harry

Coba pakai mondo rescue.

Cara kerjanya kira2 seperti ini:
1. install mondo rescue
2. pilih folder/partisi yang mau dighost
3. jalankan mondo
   nantinya dia akan buat iso image @ 650MBan
   sebanyak ukuran partisi yang mau dibackup.
   ISO image ini berbentuk live cd, jadi bisa langsung diboot.
4. Di komputer target, jalankan live cd, pilih opsi 'nuke'
   Seluruh isi harddisk akan di-nuke (repartisi, format semua, copy file)
   sehingga isinya sama dengan aslinya.

Saya belum explore apakah mondo ini bisa generate DVD image, soalnya
kalo CD image nanti takutnya boros CD, apalagi kalo yang mau dibackup
ukurannya ber-GB-GB.

Mondo rescue bisa dilihat di sini:
http://www.mondorescue.org/

--