Hello Fansul,

Friday, February 23, 2007, 11:07:13 AM, you wrote:

> Hello,

>   saya punya hd scsi tiba2 nggak bisa di tulis, maupun di fdisk.
>   ceritanya hd tersebut diinstall FC2, suatu hari FC2 rusak pas mau di
>   coba install ulang pakai FC5, awalnya pakai disk rescue tiap kali
>   mounting selalu keluar error mounting file system on sda1 read-only
>   file system.

>   lalu saya coba fdisk langsung pakai linux, pas mau tulis keluar
>   error nggak bisa tulis karena di protect.

>   terakhir saya coba pakai partition macig 7.0 pas mau di appl, keluar
>   error unable to write the boot sector, virus protection software my
> [...]

Coba dari console ketik dmesg
mungkin ada informasi yang bisa diperoleh.
Pengalaman kemarin HDD SCSI dedicated server saya juga begitu, tiba2
partisinya diremount menjadi read-only karena journaling nya rusak,
coba reboot dan pada saat reboot journalingnya udah dibenerin selang
beberapa menit lagi2 rusak, anehnya kalau di fsck nggak ada badsector.

Nyoman.