Sangat tidak etis sekali,
masih banyak cara lain untuk memonitor clientnya selain cara tsb

Salam
DJS

----- Original Message ----- From: "Arief Yudhawarman" <[EMAIL PROTECTED]>

Saya lagi maintain server perusahaan yg berlangganan internet
dg koneksi wireless pada sebuah ISP di sini.
Saya lihat /var/log/mail.log itu setiap satu menit
ada koneksi ke port 25, 110 dan 143 dr salah satu
ip milik ISP tsb. Ketika saya tanyakan mengapa demikian
pemilik ISP tsb bilang untuk monitor clientnya.

Sebenarnya apakah etis pemilik ISP tsb monitor hidup
tidaknya client ISP dg cara semacam port scanning -
saya lihat hanya ke-3 port tsb yg discan - meski dg
alasan bahwa itu tidak akan mengurangi kualitas bandwidth
client ? Namun itu mengganggu karena menyebabkan beban kerja pada syslog untuk menulis log2 yg tdk perlu.
Ups, bukannya 1 menit melainkan setiap 30 detik.

Sementara ini koneksi ke port2 di atas dr ip tsb saya DROP.
Sebagai client sebaiknya argumentasi apa yg sebaiknya
diutarakan ke pemilik ISP tsb. Sebenarnya untuk monitor
pun sudah saya kasih link untuk melihat status MRTG
ip client.

--

Terimakasih sebelumnya.

Salam,