On Mon, May 28, 2007 at 08:12:34AM +0700, artanto, bayu wrote:

> :)
>
> 1 clamav buat squid ama proxy ? 'WOW'

Yang digunakan untuk proxy adalah safesquid, beda dengan squid :-)

> tapi sebenere tergantung juga sih dari pemakaian, kalo yang pake squid
> banyak ato postfix banyak, tentu aja kerjanya clamd juga banyak...
>
> o iya, antivirus biasanya nyecan emang pake resource CPU ...
>
> jadi wajar mas...

Soalnya begini ada beberapa komputer lain bermerk IBM P-III/384MB
yg sama2 pakai servis clamav untuk postfix dan safesquid tapi tidak
ada pemakaian resource CPU yg sangat besar seperti yg terjadi
di komputer rakitan P-IV/384MB.

Kalau pun proses safesquid nyedot resource CPU itu pun terjadinya
tdk berlangsung lama sekitar 3-5 detik. Kalau ini tidak, saya sudah
matikan servis yg pakai clamav seperti postfix dan safesquid, tapi
pemakaian resource CPU masih tinggi meski sudah dibiarkan cukup lama.

Yah, akhirnya instal ulang clamav.

--

Terimakasih sebelumnya dan sesudahnya.

Salam,