selama ane pake clamav, clamav cukup mumpuni untuk dipasang di server email.
ane kagak pake qmail... tapi pake cgp dan plugin cgpav.
banyak kok email2 bervirus yg nyangkut sama die.
apalagi jika sebelum email dari luar masuk ke email server, kita pasang lagi email gw di depannya yg dipasangin antivirus dan antispam jg... dijamin oke tuh...

trus di client yg masih windows, ane pasangin antivirus yg lain (pake symantec corporate). tapi di client yg pake linux, ane kagak kasih antivirus tuh... udah ada clamav sih, tapi gak aktif... hehehe...

so far so good... yg penting double/triple protection gitu lho.

btw. kebanyakan virus skrg masuk melalui email dan usb flashdisk.