- Cygnus - wrote:

> Boleh saya tahu alasannya kenapa tidak memungkinkan scheduling clamscan
> ke cron?

scheduling = di jalankan pada waktu tertentu.
kl mau scan, masa nunggu jam tertentu?
harusnya kan on-demand, any time plug in usb, harus di invoke untuk scan
usb tsb.
betul ga?
clamav cuma program scanner saja, sama seperti parser di compiler.
cuma di match dengan signature virus dari definisi virus.
clamav tidak bisa invoke diri nya sendiri, melainkan di invoke dari
external, seperti cron atau kernel atau yg lain.
maksud saya, sesuai fungsi scanning yang on-demand, maka tidak sesuai
jika di jadwalkan pada waktu tertentu.
harusnya setiap saat bisa saja scanning.
kalau fungsi scanning yg di schedule, itu sudah di luar konteks ini,
karena inti nya bukan scanning yang on-demand seperti kasus plugin usb tsb.
tapi bisa saja di schedule seperti scan keseluruhan file di komputer
tersebut pada malam hari.

saat anda plug in usb, kernel kan mount usb nya dan salah satu function
yang di insert
di dalam kernel tsb, adalah memanggil clamav/clamscan untuk scan usb tsb.
kalau anda tidak install clamav, maka fungsi scanning tsb tidak ada.
kernel cuma mount usb anda saja dan stop.

clamav bagus atau tidak tergantung persepsi masing-masing.
cuma perlu di ingat bahwa clamav gratis.
orang2 yang membuat dan maintain clamav sepenuhnya tdk di byr oleh pemakai.
jadi otomatis mungkin lebih pelan untuk update signature virus.
tapi balik lagi ke maintainer.
mungkin aja semangatnya luar biasa sehingga mengalahkan versi2 komersil :)
buat saya sih cukup bagus, so far ga ada masalah walau ada 1 -2 virus lewat
tidak terdeteksi dalam 1 tahun terakhir.