betul teman,
saya memang pake CUPS untuk print.
saya tidak melihat antrean mungkin seperti dugaan pak hadi.
saya ngeprint file yang kecil, hanya saja menghabiskan kertas yang banyak.
saya juga sudah mencoba print dengan ukuran file yang besar, dan
memang benar kalau  antreannya kelihatan.
hanya saja, kasusnya sama, yaitu tetap tidak bisa menghentikan printer
ketika user menghendaki.
mm... jika saya tidak menggunakan CUPS apa bisa ? bagaimana cara set-nya ?
trims atas responds-nya..

regards
putude

On 7/3/07, hadi sumarsono <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Pada Tue, 3 Jul 2007 14:47:43 +0800
"putu de" <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> Trims responds-nya,
> saya sudah coba control via webbase http://localhost:631
> sudah coba dengan cara
> - cancel all job (printer masih jalan)
> - test dengan stop printer (printer masih tetep jalan)
> dan dengan
> $lpq
> (tidak ada antrean)...
> ini bener-bener bikin saya bingung.

Lha anda itu nge-print-nya file seberapa besar ?
Kalo cuman dibawah 100kb, ya cuma lewat doang.
Ga akan ada di antrean karena kecilnya ukuran file yg di-print-out.
Coba saja print-out dgn file ukuran 1Mb, nanti kelihatan deh antreannya.

Dugaan ke-2 sih, anda ga pake CUPS untuk nge-print tapi LPD... tapi coba dulu
ya.

--
?8)~ KiosNet LiPI Comal-Pemalang
Linux Registered User #430927