On Wednesday 11 July 2007 16:37, David wrote:
> allow linuxer...saya mohon bantuan/masukkannya untuk mailserver.
> saya newbie bangetttt,,trus mo coba belajar install mail server dalam
> fedora 6 m'gunakan qmailtoaster.tapi stlh googling dan baca2 tutorialnya
> tambah bingngung banget ,saya jg dah download panduan lengkap dari
> linux2arinet..masih mentokk di setting Mysqlnya..
> saya sangattt mengharapkan bantuan dr para pakar & senior untuk
> membimbing yg pemula ini,mohonn yach..
> smp saat ini yg dpt sy lakukan:
> -semua paket toaster dah didownload
> -ip address udah di setting
> [...]

Hello David,
Wah lagi belajar2 yah. Good.
1. Paket2 terserah taruhnya dimana aja, biasanya sih saya taruh di /home saya.
2. Extractnya otomatis. Setelah di compile, dia akan tercipta
di /usr/src/redhat/RPMS/i386. Cari2 aja sekitar situ. Ntar baru kita install
RPM yang ada di direktori itu.
3. Ntar RPM itu akan menginstall sesuai msg2 paket, ada yang
di /usr/bin, /home/vpopmail/bin, dll/
4. Mysql install aja yang dari Fedoranya. Setel password rootnya:
mysqladmin -u root password passwordrootnya. Selanjutnya setel file
mysql-setup.sh yg dari qmailtoasternya itu sesuaikan dengan password root
mysqlnya.
5. Nah ini mesti kamu setel dulu memang DNSnya. Tutorialnya banyak kok di
internet.

NB: settingan mail server cukup kompleks. Wajar bagi yang baru nyoba akan
sedikit kebingunan. Tetep cari2 info aja, pasti bisa.
Selamat belajar.
--
Fajar Priyanto | Reg'd Linux User #327841 | Linux tutorial
http://linux2.arinet.org