...... Forwarded Message .......
From: hadi sumarsono <[EMAIL PROTECTED]>
To: tanya-jawab@linux.or.id
Date: Sun, 23 Sep 2007 14:30:36 +0700
Subj: Re: [tanya-jawab] Tune up filesharing dengan NFS

Pada Sun, 23 Sep 2007 12:01:11 +0700
Iwan Prasetyo <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

Halo rekan2,

Ada yang pernah pake NFS untuk filesharing secara masive?

Saya pakai NFS untuk menjalankan aplikasi DOS dengan bantuan DOSemu.
Pada saat pakai samba, cepat sekali, namun hasil ngaco. Pada saat
pakai NFS, hasil sip, tapi lambat sekali.

Adakah cara tertentu untuk tune up/setting NFS agar cepat untuk
filesharing multiuser?

TIA

Iwan Prasetyo

Tdk banyak membantu .... hanya cek rutinitas

Mungkin bisa diperiksa lagi :
1).Direktori yang di-ekspor batasi seperlunya saja.
2).Perbanyak jumlah daemon (default-nya 8 daemon).
3).Set semua NIC di client supaya speed 100Mbps, duplex full, autoneg off.
4).Lakukan test speed NIC dgn iperf (atau tool lainnya)

CMIIW
Sekian. Silakan yang mo nambahin.

Thx berat Pak:)
Sekedar pertimbangan saja, misal server ini hanya single purpose, hanya untuk file sharing server, saya habiskan resourcenya dengan cara tuneup no#2 seperti yang Pak Hadi sebutkan:
RPCNFSDCOUNT = 256 (yang tadinya default 8)
MOUNTD_OPEN_FILES =  512 (yang tadinya default 128)
TUNE_QUEUE = "yes" (yang tadinya marked #, dilepas)
kira-kira lumayan untuk nanggung sekitar 50 concurrent user? Server masih tetap bisa menerima remote ssh dengan kondisi setting seperti itu?

Thx untuk tip ini:)

-Iwan P-