Popo wrote:
pagi milis :)
mau nanya, misalnya aku punya tabel spt berikut :
------------------------------------
|     kode    |    material    |    qty      |
------------------------------------
|     1001    |        a          |    1        |
|     1001    |        b          |    2        |
|     1003    |        a          |    5        |
------------------------------------
ingin kurubah menjadi seperti dibawah ini :
|    kode    |    qty material a    |    qty material b    |
|    1001    |    1                      |        2                  |
|    1003    |    5                      |        0                  |
perintah sql nya di mysql bagaimana ya ? atau kalau misalnya mencari di
paman google, keywordnya bagaimana ?
demikian, terima kasih sebelum dan sesudahnya.
kalau menurut saya yang lebih enak itu di export dulu datanya dengan cara di group misal
select kode,
( select sum(qty) from test1 where material = 'a' and kode = a.kode),
( select sum(qty) from test1 where material = 'b' and kode = a.kode)
from test a
group by kode

setelah data di export table lama di drop dan buat table baru sesuai hasil eksport dan hasil eksport tsb tinggal di load ke table baru

--
salam,
Bambang Sumitra