On Wed, Nov 14, 2007 at 02:40:46PM +0700, I Wayan Yuliarta wrote:

> Hola milis,
>
> Menurut saya lebih baik merubah rutin scriptnya, daripada merubah
> variable EDITMOTD. Jika suatu saat variable itu di-set "yes", nanti
> timbul lagi masalahnya.
>
> Rutin script yang saya maksud adalah pada baris "mv $MOTD.tmp $MOTD"
> menjadi "mv -f $MOTD.tmp $MOTD", jadi baris tsb dijalankan tanpa
> interaksi user. Karena sepertinya script ini dijalankan secara
> "unattended" alias otomatis.

Saya sudah kutip yg perlu /etc/init.d/bootmisc.sh:

#!/bin/sh
# file edit-motdh.sh
EDITMOTD=no
if [ "$EDITMOTD" != no ]
then
  # cetak helo jika editmotd='yes'
  echo hello
  MOTD="`readlink -f /etc/motd || :`"
  if [ "$MOTD" != "" ]
  then
    uname -a > $MOTD.tmp
    sed 1d $MOTD >> $MOTD.tmp
    mv $MOTD.tmp $MOTD
  fi
fi

File test edit-motd.sh ini saat dijalankan tdk akan mencetak hello.
Tapi anehnya saat booting tetap saja baris setelah if dijalankan. aneh.
Kemudian saya sudah coba jalankan saran Mas Wayan, tidak stuck tapi
muncul log:

mv: cannot move `/etc/motd.tmp' to `/etc/motd': Operation not permitted

Setelah dicek ternyata begini:

vps:/etc# lsattr motd*
----i------------ motd

Tinggal chattr -i /etc/motd.
Masalah selesai. Meski sampai saat ini masih bingug kenapa sub script
edit motd masih dijalanka padahal sudah saya set ke no.
Sudah coba edit dr semula
  EDITMOTD=no
menjadi
  EDITMOTD="no"