On Dec 27, 2007 10:02 AM, Bayu <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  4. Distro apakah yang saat ini dipakai oleh rekan-rekan untuk
>  membangun ke 3 server diatas ?
>
>  terima kasih sebelumnya
>
> ____
> salam
> Bayu

Mas Bayu ysh,

Saya coba nimbrung untuk pertanyaan yang dianggap "tidak perlu
ditanyakan", tapi saya yakin kebanyakan orang yang ingin mencoba
Linux, "pasti" akan menanyakannya.  Saya sendiri punya pengalaman
seperti itu ketika belajar Linux.  So, take it easy.. :).

Saya pertama kali merasa senang bisa install Linux ketika ada RedHat
9.  Rasanya seperti menginstall Windows98, klik sana klik sini,
jadilah sebuah server dalam waktu yang tidak terlalu lama.  RH9
barangkali sudah cukup lawas, jadi masuk akal kalau disarankan mencoba
turunannya.  Saya merasa kesulitan dengan RH9 terutama dalam masalah
dependency ketika akan menginstall suatu aplikasi, yaitu kalau
dependency itu harus diinstall sendiri, tidak tersedia paket RPM-nya.
Hal yang sulit bagi saya, mungkin tidak bagi orang lain.

Kemudian, ada yang mengajari saya Gentoo (debian based).  Ternyata
kemudian saya merasa lebih cocok dengan distro ini.  Lebih
configurable.  Artinya, kemampuan saya untuk mengkonfigurasi suatu
aplikasi yang jalan di distro ini lebih baik ketimbang di RH9.  Sekali
lagi, intinya adalah pada kemampuan saya, bukan distro itu, karena
saya yakin ada banyak orang lain yan melakukannya lebih baik dengan
distro lain.  Sampai sekarang saya masih pakai Gentoo.

Saya sempat mencoba Ubuntu server (debian based), saya terkesan dengan
kecepatan installasi, tapi saya merasa kerepotan ketika melakukan
konfigurasi aplikasi yang biasa saya pakai.  Tapi, untuk desktop dan
laptop, sekarang saya pakai Ubuntu, installnya cepat dan mudah.

Belakangan, kami mengundang technical assistance, sang ahli
menggunakan Debian.  Kami mencoba aplikasi yang diajarkannya dengan
Debian.  Setelah selesai, saya menanyakan pertanyan klasik soal
distro.  Jawabannya: kalau anda terbiasa dengan Gentoo, sebaiknya
gunakan itu saja.  Sampai sekarang saya masih pakai Gentoo.

To be straightforward :
- Coba satu atau dua turunan RedHat, misal Centos dan Fedora.
- Coba Ubuntu server
- Kalau ada waktu, coba Gentoo, dijamin luaaamaaa installnya :).

Selamat mencoba, semoga sukses.

Salam

Ery