Pada tanggal 30/01/08, echiru <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
> minta bantuan nih, untuk install printer di linux yang di sharing dari comp
> lain gimana yah. printernya ada di comp sebelah yang pake windows xp.

ini aku copy paste dari buku harianku;

==begin of copy paste==

Print server. Kedengarannya keren dan susah untuk membuatnya. Hanya
orang-orang yg bener-bener ngoprek linux saja yg bisa. Benarkah
demikian? Kenyataannya tidak. Keren, tentu. Dengan satu printer bisa
digunakan rame-rame tapi apakah susah membuatnya? Absolutly NOT.
Gampang banget. Segampang membalikan telapak tangan, istilahnya.

Okeh sekarang aku sudah bilang gampang. Kalau gak percaya berikut akan
aku ceritakan bagaimana aku membuat print server tersebut.

PRINT SERVER

Aku perlu menyiapkan sebuah komputer untuk dijadikan print server.
Karena emang dari jauh-jauh hari sudah ada sebuah komputer yang
digunakan rame-rame di ruang umum (untuk absen dll) maka aku gunakan
komputer tsb. Komputer tsb os-nya pake windows 2000 server
profesional. Loh kok windows? Lah…wong punya licence-nya. Mubazir aja
kalau gak dipakai. Ituh peninggalan jaman dulu.

Install printer yg akan digunakan rame-rame di komputer print server
tsb. Beres install share-lah printer tsb. Caranya masuk ke printer
ybs. Klik kanan lalu pilih property. Klik tabulasi share lalu pilih
[shared as]. Isi nama share-nya. Misalnya 'dj3920′ (tanpa tanda
petik).

Langkah berikutnya mematikan "enable didirectional support" dengan
cara meng-UNCHECK option pada baris yang bersesuaian. Adanya di
[control panel] [printer]. Klik kanan printer yang bersesuaian lalu
pilih property. Masuk ke tabulasi [port] dan letaknya ada di baris
kedua dari bawah.

Proses bikin print server sudah selesai. Berikutnya tinggal install
printer di client yang notabene hampir ubuntu semua.

INSTALL PRINTER DI CLIENT

Masuk ke [system] [administration] [printer] lalu pilih [new printer].
Akan muncul dua opsi, pilih network printer. Berikutnya ada banyak
isian yg kurang lebih sbb;

    * conectin type=SMB
    * host=172.16.0.23 (isi dgn nomor ip print server ybs).
    * printer=dj3920 (masukan nama share printer yg kita masukan saat
setup print server)
    * username=guest (isi apa adanya. Password kosongkan sajah.

Hanya itu langkah yang khusus saat install print server di client.
Sisanya sama aja saat kita install printer biasa.

Okeh. Itu dulu pengalamanku kali ini.

--
Wasalam,
Durahman