2008/4/3 deRegen <[EMAIL PROTECTED]>:

>  Mas Fajran,
>
>  Katakan dari mesin pertama menggunakan source.list (blankon.or.id), artinya
> si mesin ke-dua/tiga juga harus sama kan.
>  Ketika melakukan apt-get update & apt-get install apakah si mesin ke-dua
> tidak mencari paket melalui daftar source.list tsb?
>  Dan bagaimana hubungan dengan berkas *.deb yang sudah di copy tadi.

sources.list berisi daftar repositori yang dipakai. Saat apt-get
update, file index (Packages) dari repositori2 yang dipakai akan di
download. Saat menginstal dg apt-get install, file index tadi akan
dibaca dan dibuatlah daftar file (URL) yang harus di download.

File yang di download akan diletakkan di /var/cache/apt/archives. Jika
file yang akan di download sudah ada, maka file tersebut tidak akan di
download lagi.

Memang sih dengan cara ini, setiap komputer masih harus mendownload
file index itu.

Cara lain masih ada cuma saya ngga begitu hafal. Coba googling dg
keyword apt-move

--
Iang-
http://fajran.web.id y!m: fajran