Fajar Priyanto wrote:

| Ikutan diskusi:
| 1. Yang lagi download tapi ngga bisa diputus/dikecilkan, mungkin
berkaitan
| dengan rule --state ESTABLISHED,RELATED. Mungkin perlu diberikan rule
| tertentu lagi. Dari yang saya coba pakai command iptables, koneksi
download
| yang sedang terjadi cuma bisa diblok bila kita filter IP si node itu,
kalau
| pakai port malah tetep jalan.

bisa dikecilkan, tapi tidak nol, maka dari itu saya buat 2kbps, kenapa
ga 1kbps saya ga paham kenapa yah.. barangkali karena saya ingat 1kbps
pernah ga ngaruh, tanpa ba-bi-bu saya pikir kalo ga 1 ya 2 deh :p eh
2kbps jalan, tidak putus tapi lemot, cukup lah untuk sekarang..

saat ini memang dikombinasikan dengan filter drop juga

| 2. Dari dokumentasi2 bw management yang saya baca selama ini,
dikatakan bahwa
| yang kita "batasi" sebenarnya adalah uplink bukannya downlink. Apa benar
| begitu? Soalnya kalau kasus ADSL dimana uplink dan downlink 64/384,
berarti
| kita pakai acuannya yang 64kbps yah. Kecil banget :)

yang dimaksud 'hanya ngatur uplink' (egress yah?) adalah dari sisi
router nya. contoh, datang dari internet ke lan, yang diatur di eth yang
ngarah ke lan, saat paket hendak keluar dari router

uplink bagi si router, downlink dari pandangan mas fajar saat ini

sebaliknya saat dari lan ke internet (misal request http), yang diatur
di eth yang ngarah ke internet, saat paket hendak keluar router ke arah
internet

uplink dari sisi router dan juga dari pandangan mas fajar saat ini

| 3. Rule bw management Banjar ini berlaku di chain mana aja yah? Apakah
bila
| kita melakukan testing dengan client "mendownload" sebuah file besar dari
| router tempat Banjar hal ini sahih? (chain output), atau harus selalu
testing
| dengan download dari internet ke client?

banjar mengatur di postrouting eth yang bersangkutan (egress), baik
chain output atau forward sama2 lewat postrouting ketika hendak dikirim
ke tujuan, jadi sah2 saja untuk test dari router yang sama, kecuali
ditemukan bug yang mengatakan sebaliknya :)

- --
What's new? playSMS 0.9.2, Banjar 0.8.1

http://www.antonraharja.web.id
VoIP Rakyat: +62 188 1001 20001