On Wed, Apr 16, 2008 at 04:10:56PM +0800, dv0r4k wrote:
> Apakah Mas Adi pake wrt54gl untuk firewall di server ? Karakter traffic
> servernya mas Adi seperti apa ? Gimana performance wrt54gl ini ?

Saya sekarnag tidak punya server :D Tapi gini, jangan sampai nanti
pakai wrt54gl itu dianggap jamu yang tokcer tanpa capek dulu :-)

Firmware bawaan linksys, bahkan openwrt/dd-wrt mengaktifkan ip contrack
by default (tidak bisa didisable). Makanya kalau total session yang
berjalan terlalu banyak, maka bisa kehabisan memory. Supaya bisa
begitu, entah pakai opsi 'NOTRACK' atau disable sama sekali ip_conntrack.
Cara satu-satunya dengan download SDK openwrt (yang pernah saya kerjakan),
dan recompile kernel. Kurang lebih wrt akan sustain seperti layaknya
pakai router PC dengan 1 ethernet port 100BaseT (vlan disabled),
kurang lebih throughput (routing) sekitar 40-60Mbps (bisa lebih sih,
tapi nanti terlalu optimis :-)

Tapi gini, point saya, asal tidak ada bug, pakai appliance apa saja,
yang linux-based, pasti ok :D

Salam,

P.Y. Adi Prasaja