2008/4/28 Indracyd <[EMAIL PROTECTED]>:
>  Cara untuk menguninstall program yang menggunakan
>  paket tarball menggunakan rm -rf dengan opsinya apa
>  yah?

Tar itu kan hanya format arsip aja, tidak menentukan cara
menginstallnya harus sama antara semua aplikasi yg di dalam tar.
Isinya juga tidak selalu source kan? Dan source pun juga ada berbagai
macam cara install, walaupun kebanyakan seragam. Semuanya tergantung.
Jadi akan lebih baik kalo anda berikan informasi yg lebih lengkap
dulu.

Pake distro apa? Program apa yg mau diuninstall? Dulu nginstallnya
gimana? Kalo dari source, source treenya masih disimpen gak?

Kalo dulu pake 'make install' untuk installnya, dan programnya pake
automake/autoconf, maka biasanya ada rule 'make uninstall' untuk
removenya, selama Makefile-nya masih disimpan (atau bisa digenerate
ulang).

Ini salah satu alasan kenapa saya menghindari install dari tarball,
dan sebisa mungkin menggunakan packaging system dari distronya. Repot
mengurusi leftover dan maintenance files dr berbagai aplikasi.
Kalaupun harus pake tarball maka akan saya buat dulu packagenya, baru
menggunakan packaging system dr distronya utk menginstall. Kebanyakan
aplikasi bermutu skrg sudah menyertakan file2 yg bisa digunakan utk
membuat package (seperti file .spec utk bikin rpm).

Ronny