2008/4/29 Eddy Setyawan <[EMAIL PROTECTED]>:
> 2008/4/28 Ronny Haryanto <[EMAIL PROTECTED]>:
>  --cut--

>  >  dan sebisa mungkin menggunakan packaging system dari distronya. Repot
>  >  mengurusi leftover dan maintenance files dr berbagai aplikasi.
>  >  Kalaupun harus pake tarball maka akan saya buat dulu packagenya, baru
>  >  menggunakan packaging system dr distronya utk menginstall. Kebanyakan
>  >  aplikasi bermutu skrg sudah menyertakan file2 yg bisa digunakan utk
>  >  membuat package (seperti file .spec utk bikin rpm).
>  >
>  >  Ronny
> [...]

Siapa yang bilang "harus" ya?

Yang mau diinstall program apa? Dan pake distro apa? Ini salah satu
alasan kenapa saya suka Debian/Ubuntu, hampir semua yg saya perlukan
bisa diinstall dengan 'sudo apt-get install ...' aja. Gak pusing
compile, gak pusing dependencies. Malah kalo di ubuntu ada beberapa
GUI applicationnya untuk menginstall aplikasi2. Yang saya sayangkan
itu biasanya guidenya banyak dan cara install/setupnya berbeda2, ada
yg dari source tarball, ada yg dr rpm, deb, dst. Padahal sebaiknya
sebisa mungkin menggunakan yg khusus disediakan utk distro yg dipake.

Di distro2 modern skrg harusnya sudah makin jarang ditemui kasus2 di
mana kita harus compile sendiri dan dependency hell. Kalo masih nemu
itu biasanya karena aplikasinya masih terlalu baru, atau distronya
tidak termaintain, atau kita mengikuti guide yg tidak sesuai, atau
tidak disesuaikan dengan sikon/distro yg dipakai (maunya semua serba
step-by-step, males mikir, trus expectationnya langsung jalan).

Saran saya: hargailah distro anda dan org2 yg membuat dokumentasinya.
Bacalah dulu dokumentasi penggunaannya. Jika distronya berkualitas,
maka anda mungkin akan senang setelah menemukan cara2 melakukan hal2
yg sesuai dengan distro anda, dan kalo diikuti akan membuat hidup
lebih mudah. Kalo kita tidak mau membaca dokumentasinya dan ngotot
menggunakan cara2 kita sendiri ya jangan marah kalo itu menyusahkan
kita nantinya.

Sorry ini jadi menyimpang dari pertanyaan awal. Ini tidak saya tujukan
kepada si penanya awal secara spesifik, hanya komentar secara umum
aja. Mudah2an tidak menyinggung siapa2.

Ronny