2008/6/23 Ronny Haryanto <[EMAIL PROTECTED]>:

> Bisa. Cek dokumentasi squid tentang acl, cari proxy_auth.

Sekedar nambahin: saya pribadi tidak suka membatasi berdasarkan IP
karena: gampang di-bypass (user saya org IT semua waktu itu), dan
harus inget2 siapa yg pake IP berapa. Pake MAC address pun nggak jauh
beda.

Dengan user login auth (apalagi kalo user databasenya sama dengan
sesuatu yg penting seperti email) maka user cenderung mikir dua kali
sebelum sharing login/password ke org lain. Dan di access lognya squid
jelas keliatan siapa yg mengakses apa dan kapan, langsung keliatan
usernamenya. Ini juga diberitahu ke usernya supaya mereka nggak
sembarangan, karena kalo ada apa2 mereka yg bertanggung jawab, jadi
gak boleh sharing.

Ronny