2008/7/17 Bagus Aditya Ramadhan <[EMAIL PROTECTED]>:

> pas ngejalanin runInstaller tambahi option --ignoreSysPrereqs (ada kok di
> manualnya)
lebih baik edit dan sesuaikan isi  /etc/redhat-release. preRequirement
nya banyak, khawatir ada required package yang belum terinstall

yum install php-gd
pdf library bisa pakai fpdf

kalau sudah diinstall, biasanya tidak perlu password utk user sys.
$ su - oracle
$ sqlplus "/ as sysdba"

#unzip oracle instant client ke /usr/local
unzip instantclient-basic-linux32-10.2.0.2-20060331.zip
unzip instantclient-sdk-linux32-10.2.0.2-20060331.zip
mv instantclient_10_2 /usr/local

#hacking instant client library
su
cd /usr/local/instantclient_10_2
mkdir lib
cd lib
ln -s ../libclntsh.so.10.1
ln -s ../libnnz10.so
ln -s ../libocci.so.10.1
ln -s ../libociei.so
ln -s ../liboci
ln -s ../libocijdbc10.so
ln -s libclntsh.so.10.1 libclntsh.so

Install paket-paket PHP4
php-devel-4.3.9-3.9
php-pear-4.3.9-3.9
php-mbstring-4.3.9-3.9
php-4.3.9-3.9

tar xjvf php-4.4.4.tar.bz2
cd php-4.4.4/ext/oci8
phpize

#Hacking configure script
#cari lokasi yang tepat untuk menambahkan baris ini
OCI8_DIR=/usr/local/instantclient_10_2

./configure --with-oci8-instant-client=/usr/local/instantclient_10_2

#editlah Makefile
INCLUDES = -I/usr/include/php -I/usr/include/php/main
-I/usr/include/php/Zend -I/usr/include/php/TSRM
-I/usr/local/instantclient_10_2/sdk/include

make

#sebagai root
make install

#edit php.ini