2008/7/28 Masim Vavai Sugianto <[EMAIL PROTECTED]>:

> Harddisk eksternal memang lebih lambat dibanding internal. Ini paralel
> dengan perbandingan kecepatan USB dengan kabel data IDE/SATA/SCSI

Tidak untuk semua external. Kalau external interfacenya eSATA lumayan
kenceng (1.5 Gbps), FireWire 800 (800 Mbps) juga, bahkan FireWire 400
yg "cuma" 400 Mbps pun secara praktek lebih cepat (sustained
throughputnya) dibanding USB 2.0 yg 480 Mbps, karena cara mentransfer
datanya beda dengan USB 2.0. Coba google aja "usb2 vs firewire".

Seandainya pake USB 2.0 pun (yg paling umum skrg), seharusnya
theoretical maximumnya bisa 60 MB/s. Jadi 3 MB/s itu agak aneh sih.

Ronny