From: adi [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, August 11, 2008 2:53 PM
To: tanya-jawab@linux.or.id
Subject: Re: [tanya-jawab] transparent proxy ngak jalan

On Mon, Aug 11, 2008 at 09:47:51AM +0700, sutarman wrote:
>Cara pindahkan nya gimana mas
>Soalnya di dalam file dansguardian.cong ngak ada pengaturan port
>dansguardian

ada 'filterport'. saya belum pernah install dansguardian :-) tapi
baca-baca sepintas, anda harus redirect ke filterport dansguardian bukan
ke squid (mungkin rekan lain bisa membantu konfirmasi).

atau kalau mau tetap pakai port 80,  bisa seperti ini:

iptables -t nat -A PREROUTING -i eth1 -d 10.17.8.2 --dport 80 -j ACCEPT
iptables -t nat -A PREROUTING -m tcp -p tcp -i eth1 --dport 80 -j REDIRECT

tapi sekali lagi, saya belum pernah pakai dansguardian, di atas
mengasumsikan semua paket ke port 80 diredirect ke dansguardian yang
listen di port 80, paket yang memang diarahkan ke 10.17.8.2 port 80,
diterima begitu saja tanpa redirect (menghindari loop). dan itu juga
mengasumsikan dansguardian support transparent proxy.

kalau mau bypass dansguardian, misalnya langsung diredirect ke squid,

iptables -t nat -A PREROUTING -i eth1 -d 10.17.8.2 --dport 80 -j ACCEPT
iptables -t nat -A PREROUTING -m tcp -p tcp -i eth1 --dport 80 -j REDIRECT \
   --to-ports 3128

kalau masih tidak bisa. tolong jelaskan bagaimana 'tidak bisa' itu :-)

Salam,

P.Y. Adi Prasaja