> 1:6:0 itu berarti scsi bus/channel #1 unit ID 6, LUN 0
>
> Berarti yang problem adalah peripheral yang diset scsi ID #6, yang terhubung
> ke scsi channel 1.
>
> Biasanya yang pakai id#6 itu tape drive, hdd id#0 atau #1, host adapter scsi
> nya sendiri id#7. Tapi sebaiknya diricek ya pak.
>
> Kalau memang benar tape drive, coba dibersihkan headnya atau pakai tape
> berkualitas.
>
> --
> BlackBerry(R) 8320
> GTalk/MSN: [EMAIL PROTECTED]
> YM: supeskrim
> [...]

Terima kasih atas tanggapannya Pak,

kalau untuk lihat id# untuk tape drive itu dari mana ya? kalau pas
booting, memang sih ada tampilan scanning scsi nya,  kalau di lihat
dari command "dmesg" atau /var/log/messages bisa ga ya? karena skg
posisi saya lagi di rumah mungkin baru bisa hari senin saya pastekan
hasil dari dmesg nya

kalau cara membersihkan headnya itu gimana pak? apakah cukup pakai
tape cleaner aja?
biasanya saya bersihkan tape drive itu jika lampu di tape drive
menyala kuning ( indikator jika harus sudah di bersihkan ) dan saya
masukkan tape cleanernya ke tape drive, setelah itu lampu indikator
nya udah normal lagi

--
salam,
Bambang Sumitra