2008/11/8 Bambang Sumitra <[EMAIL PROTECTED]>:

> Terima kasih atas tanggapannya Pak,
>
> kalau untuk lihat id# untuk tape drive itu dari mana ya? kalau pas
> booting, memang sih ada tampilan scanning scsi nya,  kalau di lihat
> dari command "dmesg" atau /var/log/messages bisa ga ya? karena skg
> posisi saya lagi di rumah mungkin baru bisa hari senin saya pastekan
> hasil dari dmesg nya

Banyak cara:
- Bisa diliat saat booting
- masuk ke scsi host adaptor bios
- masuk ke system bios kalau scsinya onboard
- kernel boot mesg/dmesg
- dari /proc/scsi

> kalau cara membersihkan headnya itu gimana pak? apakah cukup pakai
> tape cleaner aja?
> biasanya saya bersihkan tape drive itu jika lampu di tape drive
> menyala kuning ( indikator jika harus sudah di bersihkan ) dan saya
> masukkan tape cleanernya ke tape drive, setelah itu lampu indikator
> nya udah normal lagi

Iya pakai tape cleaner utk DLT & DAT, juga pastikan scsi busnya
physically terminated pada kedua endpointnya...

--
+----------| Mozilla Firefox 3/Thunderbird 2 - CentOS-64 5 |----------+
| Gtalk/MSN:nguik.gnuik<ed>gmail.com        GSM (Mks):+62-819-4237172 |