Saya malah usul pake 1 network aja, dan proxy 1 lan card, nggak susah
routing tablenya,   dan tinggal setting AP aja
kalau topologinya begitu ada 2 hop dari client AP ke gw ini
memperlambat akses internet walaupun local
2008/11/19 sutarman <[EMAIL PROTECTED]>:
> Salam rekan rekan sekalian
>
> Saya punya topologi seperti ini :
>
>     Windows XP internet
>         (gateway)
>      (10.10.8.1/24)
>      (10.10.8.2/24)
>  Linux Fedora 9 (proxy)
>      (10.17.8.3/24)
> Access Point (10.17.8.4/24)
>  Client (10.17.8.10/24)
>
> Setting lain di linux adalah
> Di file /etc/sysctl.conf di bagian net.ipv4.ip_forward = 1
>
> Pertanyaan saya :
> 1. dari windows xp ngak bisa ping ke 10.17.8.3, kenapa ya ?
jelas,  anda harus menambah table routing di XP ke network
10.17.8.3/24 karena default gwnya ke internet
> 2. gateway di linux fedora yang ip address 10.10.8.2 berapa ya ?
10.10.8.1 untuk bisa internet
> 3. gateway di linux fedora yang ip address 10.10.8.3 berapa ya ?
nggak perlu, tapi hanya menambah routing table ke network AP supaya
bisa diping network client AP
> 4. perintah iptablesnya gimana agar bisa ping dari windows xp ke 10.17.8.3 ?
baca manual iptables di http://www.netfilter.org
Sori nggak bisa membantu lebih banyak, kalaua ada yang salah tolong dikoreksi
Thx
Amiruddin Utina

> Tujuan finalnya adalah saya ingin sharing internet ke client
> Kenapa saya pakai windows di gateway ? karena modem venus CDMA saya ngak ke
> detect di linux fedora core 9 dan tidak ada pesan eror apa2
>
> Mohon pencerahannya
>
> Trims
> sutarman

Linux user  467949.