akhmat wrote:
tommy wrote:
rekan2 semuanya saya mau minta tolong nih.

   <----- potong ---->

rekan2 sekalian tolong saya donk, bagaimana cara menginstal grub agar linux yang ada bisa di-boot lagi.
dalam kasus yang saya hadapi, saya ingin menginstall ke sda1.
bagaimana solusinya ?????
booting live CD Ubuntu 8.04 anda (saya asumsikan ubuntu 8.04 nya Live CD)
jalankan terminal
ketikan perintah sudo grub

$sudo grub

setelah masuk ke grub makan muncul => grub>
ketikan perintah : find /boot/grub/stage1

grub>find /boot/grub/stage1

maka akan muncul hasil instalasi grub anda sebelumnya : misal nya (hd0,1)

grub><muncul hasil di sini >

lalu ketikan perintah setup (<hasil yang tadi muncul) misal nya tadi hasilnya (hd0,1) => setup (hd0,1)

grub>setup (hd0,1)

selesai deh, untuk keluar dari grub pake perintah quit

grub>quit

sangat mudah bukan ?... ;)
semoga membantu... terimakasih.

somat.