fajar aswin wrote:
> masalah nya gini mas donny:
> saya mau install program, program nya udah saya download, terus
> ekstensinya tar.gz di folder home/user, terus saya ekstrak klik kanan,
> tetapi ternyata kapasitas folder home/user nya gak cukup, ketika saya
> copy kan ke folder lain hasilnya "permision denied", saya jadi bingung
> sendiri...
>

> fajar aswin

Wah, kalau dari email sebelumnya:
/host/ubuntu/disks/root.disk
                           3,6G   3,4G    0         100% /

kapasitas di / memang sudah habis tuh. Sebaiknya segera dihapus
file-file yang tidak dibutuhkan, karena nanti bisa2 sistem tidak bisa
diboot ulang.
Untuk direktori lain, di linux ada pembatasan akses yang mengakibatkan
user biasa tidak bisa leluasa menciptakan file di direktori yang dia
tidak punya akses.

di email terdahulu, saya lihat ada direktori /media/disk dan /media/DATA
yang masih lumayan besar kapasitasnya, tapi ini direktori windows ya
pastinya?

Coba aja taruh file disana. Instalasi default Hardy bisa tulis partisi
windows secara langsung.

Tapi tetap jangan lupa bersih2 / ya. Coba pakai aplikasi Disk Usage
Analyzer biar tahu direktori mana aja yang makan kapasitas besar,
sehingga bisa dibabat.
Uninstall juga aplikasi yang sudah tidak diperlukan.

3G untuk Hardy memang kekecilan, aplikasi Linux sekarang sudah banyak
dan untuk mencoba kita butuh kapasitas besar. Saya sendiri pakai 8.3GB
dan sudah terisi 6.8GB

--
Donny Kurnia
http://hantulab.blogspot.com