2009/4/2 yantoni ms <yantonisir...@yahoo.co.id>:

> Dear mas ardyan&donny,
>
> komputer saya langsung terhubung dgn internet & mail client saya terintegrasi
> dgn antispam. ada gak solusi lain tanpa harus menggunakan
> email server ?

Thunderbird 2.x udah dilengkapi antispam yang canggih. Coba slalu
train aja tuh dia. Kalo email spam, ya ditandain sbg spam. Lama2
Thunderbird akan bs mengenal spam dgn sgt teliti. Rutinitas ini slalu
yah.

Kalo mo langsung mindahin spam ke Junk folder (dlm Thunderbird), coba
aktifkan di optionnya. Bisa tuh. Tapi ya sering2 intip folder ini yah.
Gue pernah nyoba bagus banget deteksinya. Mungkin krn smua email slalu
gue tandain kl emang spam.

Cara laen, masih ada. Tanpa perlu pake server juga. Well ... jgn
maksain pake server dong. sptnya ini disisi user. Kan nggak semua
pecinta Linux pegang server di officenya :-p

Coba gunakan p3scan. Software ini bs intercept email yg
dikirim/diterima utk di scan pake antivirus (clamav free) & antispam
(spamassassin free). Dan dia akan running menyatu di firewall. Agak
advance tapi keren. Dan bs dipake utk standalone. Cocok kalo dirumah
Linuxnya dipake byk user. No offense yah. Walo Linux nggak ada virus,
tapi mengurangi virus/spam di mailbox akan sgt menenangkan :-)

--
http://rippingthepenguin.blogspot.com