On 5/27/09, Donny Kurnia <donnykur...@gmail.com> wrote:

> Kalau ingin menikmati tampilan full desktop, bisa menggunakan vino, di
> Ubuntu dinamai Remote Desktop. Jika hanya ingin menjalankan satu atau
> beberapa aplikasi saja, lebih baik ditunnel lewat ssh:
>
> Di laptop koneksi ke komputer remote dengan perintah:
>
> ssh -X u...@komputer-remote
>
> Di shell komputer remote sekarang bisa langsung jalankan aplikasi,
> tampilan akan muncul di laptop:
>
> u...@komputer-remote $ firefox &
>
> Semoga sukses.

ini udah saya coba sebelumnya dan ngak bisa.

logika saya:
gimana bisa connect, di sisi laptop saya (x server) ngak ngebuka port 6000?
mau connect pake apa?

perintah -X itu berguna untuk X authorization.
dan perintah: "u...@komputer-remote $ firefox &"
bisa dijalankan kalo variable DISPLAY udah disetting ke X server.

saya ingin tahu,
apakah anda sudah pernah coba export DISPLAY dari komputer remote ke
komputer ubuntu anda?