2009/6/2 Nyoman [D] <nyo...@royalperspective.com>:
> Ini untuk kedua kalinya saya mengalami kejadian yang sama, di mana NAS
> Merek Western Digital model MyBook World Edition II saya mengalami
> kerusakan akibat Minggu kemarin mati lampu.
>
> NAS ini dalamnya memakai 2 buah HDD, masing2 500GB dan saya config lewat
> web supaya kapasitasnya bisa menampung jadi 1TB.
>
> Nah, karena tidak bisa booting, maka semua filenya nggak bisa akses,
> setelah di copot dan HDD nya dipasang di computer lain, terlihat kalau
> HDDnya dipartisi menjadi 4, partisi pertama 24MB tidak terpakai, partisi
> [...]

klo udah 2x kejadian,,,sebaiknya bikin NAS made in sendiri aja :-)
boleh pake freenas

http://www.freenas.org/

Harga hdd sudah jauh lebih murah...cari yg ukuran TB sekalian.
pasang di linux box, buat hardware RAID, set hdd tsb sebagai  RAID-1/
RAID-01 atau RAID-5.
supaya ada fault tolerance.

utk kasus-mu..pake RAID-0 yach? disk space emang dpt gede..tapi
kerugiannya..gak ada fault tolerance.
sudah coba pake systemrescue cd ? klo masih gagal mungkin perlu
jalankan command ini
# sudo doa ..hihihi