On Wed, 2009-06-03 at 09:08 +0700, Novie Yoss Mardian wrote:

> klo udah 2x kejadian,,,sebaiknya bikin NAS made in sendiri aja :-)
> boleh pake freenas
>
> http://www.freenas.org/
>
> Harga hdd sudah jauh lebih murah...cari yg ukuran TB sekalian.
> pasang di linux box, buat hardware RAID, set hdd tsb sebagai  RAID-1/
> RAID-01 atau RAID-5.
> supaya ada fault tolerance.
>
> utk kasus-mu..pake RAID-0 yach? disk space emang dpt gede..tapi
> kerugiannya..gak ada fault tolerance.
> sudah coba pake systemrescue cd ? klo masih gagal mungkin perlu
> jalankan command ini
> # sudo doa ..hihihi

Ya.. kalau saya sih lebih cenderung memakai buatan sendiri, tp yang di
atas belum tentu mau karena tidak mau repot, maunya instan :)

Betul pak, di set jadi RAID 0 (linear) padahal di option NAS nya ada
pilihan RAID 1 (mirror) tp karena yang di atas tergiur dengan 1T dia
pilih option itu :D

Saat ini, masih coba utak-atik dengan memasang HDD B (kedua) dari device
lainnya, hidup sih mau... tp katanya HDD B failed, mau coba di remote
via ssh nggak jalan :), pdhl kemarin waktu explore partisi /etc nya ada
file config sshd nya, tp ternyata sshd nya nggak jalan

Mungkin sudah saatnya tidak menaruh file2 penting di NAS ini.

Nyoman