romeo wrote:
> kebetulan saya baru baca spek cisco 6509 firewall module. di situ ada
> beberapa aspek teknis, spt :
>
> Performance : - connections - concurrent connection / sec -
> throughput - latency - adaptabilitas, scalabilitas dll
>
> Access List : - jumlah acl
>
> VLAN Interfaces : - jumlah vlan

Kalau menurut saya, troughput perlu perhatian yang lebih, terutama untuk
 firewall internal.
Teknologi switching berkembang begitu pesat, sampai dengan gigabit
ethernet, dan FO port. Kalau firewall kita hanya mampu 100mbps, maka
sayang dengan troughput switch yang sudah besar tadi. Opsi untuk
firewall yang menggunakan FO port nampaknya masih lumayan mahal. Namun,
boleh juga tuh firewall module untun catalyst 6500, nampaknya kita bisa
memanage sfp port dengan kemampuan firewall?