Saya lagi mainan live streaming dengan icecast2 sebagai server dan ices
sebagai source client. Live streaming dengan source client winamp (mesin
windows) sudah bisa jalan dg plugins oddcast_dsp_wa2_v2.0.15.exe. Line
input dari radio portable (keluaran headphone dimasukkan ke line input
soundcard). Sebaliknya kalau pakai ices2 di mesin ubuntu.8.04, tidak ada
suara sama sekali.

Saya kuatir soundcard nya ada masalah, baik mesin windows maupun ubuntu
memakai PC IBM Lenovo yg sama, entah itu tdk dikenal dengan baik oleh
ubuntu. Ada bbrp pertanyaan:

1. Radio dinyalakan dan keluaran headphone dimasukkan ke line input:
   a. Kalau pakai windows xp, setelah logon suara akan terdengar.
   b. Kalau pakai ubuntu, sesaat setelah pc nyala, suara terdengar
   setelah itu mati.

2. Merekam suara dari source line input:
   a. Di windows, pakai sound recorder bisa recording dan playback.
   b. Di ubuntu, pakai sound recorder bisa recording tapi tdk ada suara yg
   dihasilkan saat playback.

Line input, pcm, dll sudah diaktifkan di alsamixer. Mesin ubuntu bisa
memperdengarkan suara dg normal, tidak ada masalah bila memaikan musik
mp3 dll.

Sebelum saya ganti soundcard, adakah solusi untuk masalah di atas ?

--

Terimakasih sebelumnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~