On Thu, Jul 02, 2009 at 02:30:24PM +0700, nonong wrote:

> Kalau tujuannya seperti itu, menurut saya mending cari genset yang bisa
> starter elektrik terus debuatkan rangkaian yang bisa menstarter genset
> tersebut pada saat listrik mati dan mati sendiri saat listrik hidup.
> Kalau pakai program berlapis seperti skenario di atas, mungkin ada
> saatnya karena gangguan operator telekominukasi atau bahkan operator
> sedang tidak mendengar. Kalau perlu dikasih alarm pada saat listrik mati

Itu memang sudah dipikirkan dari awal kok. Tapi biaya untuk pengadaan alat
itu kan lumayan juga. Sementara pakai solusi yg murmer dulu lah dan
meres keringet, narik genset 3000VA keluar saat powerline mati dan
masukan lagi saat pulang kantor. Alternatif lain pekerjakan teknisi
untuk shift malam (sdh direncanakan).

Sharing cerita deh, mess tempat kami tinggal satu jaringan dengan
kantor. Jadi kalau listrik pln mati di mess sudah bisa dipastikan di
sana juga mati. Ada margin 10-15 menit untuk menuju kantor, narik
genset keluar dan nyalakan sebelum ups shut down. Kalo lagi enak2 tidur,
mati lampu, ya wassalam :).

--

Terimakasih sebelumnya.

Salam,