--- On Tue, 7/14/09, Nyoman [D] <nyo...@royalperspective.com> wrote:

> From: Nyoman [D] <nyo...@royalperspective.com>
> Subject: Re: [tanya-jawab] Tidak bisa kirim/terima email via Squid
> To: tanya-jawab@linux.or.id
> Date: Tuesday, July 14, 2009, 2:21 AM
> mail server anda
> internet  juga  ?

> outlook expressnya tidak bisa

> memblok port 25 dan
> tujuan ke port 110 dan 25.
> memblok port 110 dan 25.
> > >

> Sabar boss.... dan biasakan jangan top posting, juga hapus
> footer yang
> gak perlu...

> [...]

Anda benar, saya menjadikan server ubuntu yg diinstall squid ini sekaligus
sebagai gateway dengan 2 eth cards

Kalau boleh saya cerita sejarahnya begini... dulu sebelum server ubuntu ini
saya pakai Debian sebagai gateway, koneksinya dari client ke internet tidak
pakai proxy. Pakai command seperti ini :

sysctl -w net.ipv4.ip_forward=1
iptables -A POSTROUTING -j MASQUERADE -t nat -s 192.168.2.0/24 -o eth0

Karena si boss pengin melihat website yg dikunjungi karyawannya saya install
ubuntu dengan Squid di komputer lain. Nah... server ubuntu dgn squidnya ini
sudah bisa merekam website yg dikunjungi. YM juga sudah bisa. Tapi pass mau
akses ke FTP, POP3 dan SMTP tidak bisa. Ini yg menjadi masalah saya. Mohon
bantuan rekan2 linuxer ya...

Thanks b4
ES