On Tue, 2009-07-14 at 00:38 -0700, Edi Sujono wrote:

> [...]

kalau seperti itu sih gampang, seperti jawaban rekan lainnya, lupa
siapa, install gateway seperti biasa dulu, tp segment/class IP nya harus
dibedakan pak antara eth0 dan eth1nya
Setelah gateway jalan, barulah utak-atik squidnya.... :)

Seperti ini kan ?

Internet <--> |GW/SQUID yang sekarang| <--> |eth0 -Baru- eth1|

anggap settingan Server Baru ini:
eth0: 192.168.0.222/24
eth1: 192.168.1.222/24

Di server baru ketik command di atas:

sysctl -w net.ipv4.ip_forward=1
dan
iptables -A POSTROUTING -j MASQUERADE -t nat -s 192.168.1.0/24 -o eth0

Untuk setingan client, IP address: 192.168.1.X/24 Gateway 192.168.1.222
Sampai di sini coba lakukan traceroute ke IP, kalau jalan silahkan
sesuaikan setingan DNS di client

Nyoman