Rekan-rekan,

Saya berhasil connect dengan *single* computer saya melalui modem ADSL
D-Link DSL-520B ke Telkom speedy.  Saya hanya punya satu network card
eth0.

Karena saya berlangganan *Time-Based* saya tidak mau modem langsung
nyambung ke Telkom ketika dihidupkan, sehingga saya menggunakan protocol
*Bridge* dan bukan PPPoE.

Saya baca-baca di website Telkom Speedy, kalau menggunakan protocol
bridge, harus punya firewall yang kuat karena komputer saya transparant
di internet.

Saya sudah install firestarter dan tes di www.grc.com dan semua sudah
'passed'.

Summary setting modem saya sebagai berikut:
PORT / VPI / VCI:
0 / 0 / 35
Connection Type:
Bridge
Service Name:
br_0_0_35
Service Category:
UBR
IP Address:
Not Applicable
Service State:
Enabled
NAT:
Disabled
Firewall:
Disabled
IGMP Multicast:
Not Applicable
Quality Of Service:
Disabled

Yang menjadi pertanyaan:
1. Terlihat bahwa Firewall: Disabled.  Saya tidak tahu bagaimana
membuatnya enabled, karena tidak ada dalam setting menu secara langsung.
Apakah karena saya menggunakan protocol Bridge?  Atau karena service
category-nya UBR?  Mohon petunjuk bagaimana cara membuat firewall modem
tersebut bisa enabled.

2. Apakah memang sebaiknya firewall modem tersebut dibuat enabled?

3. Jika menggunakan protocol PPPoE dan modem tersambung secara otomatis
ke Telkom, apakah cara memutuskan koneksinya hanya dengan mematikan
modem-nya?

4. Apakah $ sudo ifconfig eth0 down akan memutuskan koneksi ke Telkom,
sehingga perhitungan time based-nya berhenti?

5. Apakah service category *UBR* memang sudah tepat?

Terima kasih atas penjelasan dan petunjuk rekan sekalian,
Patrick