> +++ ini tutorial saya tentang bridge dan adsl speedy :
>
> http://avudz.alifia.co.id/2008/10/21/adsl-speedy-on-ubuntu/

Terima kasih atas petunjuknya.

Juga terima kasih buat mrdln yang telah menjawab bahwa memang kalau
modem di-set ke Bridge, fungsi firewall tidak tersedia.

Selanjutnya saya masih kurang jelas:

1. Kalau misalnya saya tidak pakai Bridge tapi pakai PPPoE, apakah
satu-satunya jalan untuk memutuskan koneksi ke Telkom adalah dengan
mematikan modem-nya?  Atau perintah $ sudo ifconfig eth0 down juga akan
memutuskan koneksi ke Telkom sehingga perhitungan waktunya berhenti?

2. Di modem saya ada pilihan:
- UBR without PCR
- UBR with PCR

Untuk setting Telkom speedy sebaiknya yang mana yang dipilih dan
mengapa?

Terima kasih atas penjelasannya,
Patrick