2009/12/6 prasetyo <bprasety...@yahoo.com>:
> Yth Linuxer,
> Saya sudah  install squid, ada masalah yaitu bagaimana membuat aturan acl
> dimana :
> 1.semua user squid client tidak bisa mengkases situs porno pada hari
> senin-jumat jam 7.00-17.00
> 2. semua user "setelah" jam 7.00-17.00 baru boleh buka yahoo messenger tetapi
> samasekali dilarang buka situs porno
>
> Mohon pencerahan ,

lihat disini, blog nya kang ngadimin
http://ngadimin.com/2009/10/31/squid-hari-ke-dua-mengenal-acl/

saya mah ngga suka pake opendns.

pengalaman saya sih,
cukup pakai squid dikombinasikan dengan pemantauan log dari sarg atau
lightsquid.

acl yg sangat bermanfaat adalah:

acl dst > filter ke ip langsung
acl dstdomain > misal langsung ke playboy.com
acl dstdom_regex > misal: yang ada sex nya ke ban, contoh sukasex.com,
ada keyword sex, domain ke ban.
acl urlpath_regex > filter semua regex dibelakang / misal:
http://itunya.com/sukasex , sex nya yg kena

contoh:
acl pb_filter dstdomain -i .playboy.com > memfilter www.playboy.com
dan playboy.com
acl milf_filter dstdom_regex milf > memfilter milf.com milfx.com milfxy.com
acl path_filter urlpath_regex nude > memfilter itunya.com/nude ,
itunya.com/path/ke/directory/nude
acl IP_di_ban dst "/etc/squid/_IP_di_ban.txt"