On Mon, 1 Feb 2010, Arief Yudhawarman wrote:

> Teknik apa yg digunakan agar menghasilkan resolve yang berbeda ini ?

kalo pake BIND, bisa disiasati dengan menggunakan "view" berbeda
tergantung client address. saya pake teknik ini untuk membuat dns server
memberi jawaban ip lokal kalo diakses dari lokal dan ip publik kalo
diakses dari luar untuk pertanyaan/query yang sama. misal query
"www.official.domain.ac.id" dari lokal akan dijawab 192.168.1.5 tapi kalo
dari luar dijawab 202.xx.xx.xx.

masalahnya tinggal bagaimana membuat/mengisi akses-list untuk
masing-masing view tidak membebani maintenance. seingat saya alokasi ip
untuk masing-masing kawasan sudah ada rfc-nya.

salam

--
|===[ Yudhi Kusnanto ]=============|