On Sun, 2010-02-07 at 16:39 +0700, Hery Setiawan wrote:
> OOT:
> Saya hanya memastikan, karena dua kali saya bertanya non-networking
> belum ada jawaban.
> Tentu saya memaklumi kalau tiap senior punya kesibukan masing-masing,
> tapi aneh sekali ketika ada pertanyaan baru masuk dan mengenai
> networking yang jawab langsung bejibun.
> atau mungkin pertanyaannya tidak berkelas ya... :D

Ada beberapa penyebab pertanyaan tidak mendapat respons:

1. Tidak ada yang tahu jawabannya.

2. Tidak tahu harus menjawab apa karena pertanyaannya kurang jelas.

Contoh pertanyaan kurang jelas:
Linux saya sering "hang", tanpa sebab yang jelas.  Mungkin ada
rekan-rekan yang punya saran?

Contoh pertanyaan yang lebih bisa mendapatkan response:
Linux saya sering "hang" dan sebelum hang ada bunyi yang tidak biasa
keluar dari harddisk saya.  Mungkin ada rekan-rekan yang punya saran?

3. Jawabannya tidak sederhana dan memerlukan penjelasan panjang lebar.

Contoh pertanyaan:
Apakah ada rekan-rekan yang dapat memberikan panduan step-by-step cara
menghubungkan dua komputer Linux agar dapat berkomunikasi satu sama
lain?