Pandu Prasetyo wrote:
> Dear All,
>

> Saya memakai Laptop Toshiba L310 dengan spesifikasi Intel (R) Core(TM)2
> Duo T6400 @ 2.00 GHz dengan RAM 2 GB dan VGA 828 Mb, saya memakai OS
> Vista dan Ubuntu, sudah lama, saya inigin mencoba hal baru dengan
> mencoba OS Open Suse,
>
> Keinginan saya ingin memakai 3 OS sekaligus? apakah bisa dan apakah
> tidak menganngau kinerja yang lain?
> Saya bingung dengan cara instalasinya mulai dari nol.saya sudah mencari
> tutorialnya tapi tidak ketemu, dan saya juga sudah bertanya teman saya
> tapi dia juga tidak bisa.
> [...]

Hanya sekedar mencoba fitur atau mau dipake buat kerja? Kalau hanya
mencoba fitur, kenapa ga pake VirtualBox saja? Processor dan RAM segitu
sudah cukup kuat kok.

Kalau memang perlu buat digunakan sehari-hari, baru install ke harddisk.
Caranya ga akan jauh beda dengan waktu menginstall ubuntu. Paling ntar
boot manager yang dipake yang mana, bawaan vista, ubuntu, atau milik
suse, mesti salah satu ga bisa ketiganya. Kalau misal pake boot manager
saat ini (vista/ubuntu), maka sewaktu install suse, install boot
managernya (grub) ke partisi rootnya, jangan ke MBR harddisk supaya
tidak menimpa yang ada. Selanjutnya tinggal diupdate aja entry boot
manager supaya bisa menjalankan suse.

Baca-baca aja panduan instalasi dual boot OS. Ga akan jauh beda dengan
triple boot dst.

--
Donny Kurnia
http://blog.abifathir.com